Banner

Banner

Tips Menyeimbangkan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri

Kita dituntut untuk bisa menyeimbangkan otak kanan dan juga otak kiri yang dimilikinya. Menyeimbangkan otak kanan dan juga otak kiri yang dimilikinya akan memiliki keuntungan bagi manusia itu sendiri. Bukankah lebih baik jika semuanya berjalan dengan seimbang?, Tips untuk menyeimbangkan otak kanan dan juga otak kiri adalah dengan menggunakan aktivasi otak.

Berikut ini Cara-cara yang bisa merangsang aktivasi otak manusia :

1. Tangan Kidal
Orang yang normal akan menulis dengan tangan kanannya. Begitupula dengan aktivitas lainnya misalnya saja makan, menyikat gigi, menggunakan mouse dan masih banyak lagi lainnya. Saat menggunakan bagian tubuh kanan, maka otak kiri lah yang sedang bekerja. Jika otak kiri bekerja terus menerus akibatnya adalah ketidaseimbangan akan muncul karena otak kanan menganggur atau tidak bekerja. Agar otak kanan bekerja, anda bisa mencoba menggunakan tangan kidal. Misalnya saja menulis menggunakan tangan kiri, menggambar menggunakan tangan kiri, menyikat gigi  menggunakan tangan kiri dan masih banyak lagi lainnya. Menggunakan tangan kidal adalah latihan yang bisa mengokohkan hubungan syaraf yang ada di otak dan memicu pertumbuhan syaraf baru.

2. Bermain Puzzle
Menyusun potongan-potongan puzzle bisa berguna untuk meningkatkan kinerja otak kiri. Hal itu dikarenakan kita akan menggunakan pikiran bukan penalaran.

3. Bermain Teka-Teki Silang
Mengisi teka teki silang juga berguna untuk meningkatkan kinerja otak kiri hal itu dikarenakn teka-teki silang membutuhkan pemikiran logis bukan berdasarkan penalaran.

4. Bermain Musik
Musik mampu membuat kinerja otak kanan menjadi meningkat, alasannya adalah musik bisa memancing emosi seseorang. Ketika kita mendengarkan musik yang sedih, emosi kita akan terpancing untuk ikut sedih. Ketika mendengarkan musik yang bersemangat, kita juga akan ikut bersemangat. Emosi seseorang akan tercipta berkat musik yang didengarnya.

5. Belajar Musik
Untuk meningkatkan kinerja otak kanan, bisa dengan cara bermain musik. Bermain musik banyak yang menggunakan perasaan bukan penalaran. Dengan bermain musik diharapkan otak kanan akan berjalan seimbang dan selaras dengan otak kiri terutama bagi orang yang memiliki pemikiran logis dan rasional.

6. Melakukan Olah Raga Secara Teratur
Olahraga adalah cara tepat untuk menyeimbangkan kedua belahan otak. hal itu dikarenakan ketika anda berolahraga anda akan menggunakan kedua bagian tubuh secara beriringan. Coba anda pikirkan, ketika anda berlari apakah anda hanya menggunakan satu kaki saja?, tentu tidak bukan?. Menggunakan kedua bagian tubuh secara beriringan secara tidak langung juga akan menggerakkkan kedua belahan otak secara beriringan pula.

0 Response to "Tips Menyeimbangkan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri"