Banner

Banner

Cara Tetap Waras di Dunia Yang Semakin Gila

Di dunia saat ini Semakin banyaknya hal yang menyebabkan problematika dan tekanan kehidupan yang semakin besar membuat banyak manusia mudah merasa stress dan seakan linglung hingga membuat Gila, sebenarnya ada beberapa cara untuk tetap waras dan merasa waras di saat sekarang ini.

Inilah beberapa hal yang bisa kita lakukan Untuk Tetap Waras di Dunia yang Semakin GILA:

1. hindari Televisi dan acara-acara yang membunuh daya pikir. Gantikan dengan hal yang lebih baik.
Cara Tetap Waras2
Saat ini beberapa media yang menjual “Rasa Takut dan Propaganda”. Manusia pada dasarnya mudah merasa takut: takut sakit, takut miskin, takut kesepian, takut gagal, takut mati, dan beberapa media yang mengeksploitasi ketakutan ini. Memang merubah informasi itu baik, tapi tidak kalau itu membuat kita tersiksa. Lebih baik dengarkan musik ceria, membaca buku, menulis buku atau jalan-jalan.


2. Tetap berusaha mendekati Tuhan.
Cara Tetap Waras2
Sudah dari sananya, kalau ketika kita mau mendekati Tuhan, pasti akan memiliki banyak cobaan dan hambatan. Tapi jika kita dekat dengan Tuhan, mental kita pasti akan jauh lebih sehat dan tidak gampang jadi ‘gila’.

 3. Menjadi manusia kembali.
Cara Tetap Waras3kita bukanlah smartphone kita, dan eksistensi kita lebih dari sekadar selfie. Ketimbang mencoba menipu dunia dengan kepribadian social media kita, lebih baik lakukan interaksi yang sebenarnya. Segala yang berbau online akan mengurangi interaksi fisik, dan kekurangan interaksi fisik sebenarnya berkontribusi pada kesehatan jiwa lho.


4. Ambil cuti. Jalan-jalan ke hutan, atau gunung. Berkenalan kembalilah dengan alam yang telah lama kita abaikan.
Cara Tetap Waras 4
 Seiring dengan kehidupannya yang semakin sibuk, manusia sering mengalami lupa. Lupa pada alam yang menghidupi, lupa menikmati matahari terbit, lupa menghirup udara segar di pegunungan, lupa sama indahnya suara kicau burung atau gemericik riak sungai, lupa sama indahnya debur ombak, dan betapa halusnya lumut yang tumbuh di pokok pohon besar. Mungkin karena semua itu gratis, maka manusia telah melupakannya. Padahal kunci untuk menjadi waras selalu ada di alam.


5.Curahkan isi hati tanpa takut ataupun malu. Setelah itu lepaskan amarah dan dendam. Belajar ikhlas.
Cara Tetap Waras5Emosi terpendam itu seperti virus yang akan menjangkiti tubuh dan melemahkannya! Jika tidak ingin terkena virus ini yang bisa kita lakukan adalah menghadapi ketakutan kita, termasuk rasa marah kita. Gali lagi apa yang membuat perasaan negatif itu lahir dan tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ingat, mereka bukan anak kita meski lahir dari kita. Mereka tidak perlu kita rawat, sampai tumbuh besar, dan menuntut perhatian kita setiap hari.


6. BerSyukur atas semua yang di dapat dan diterima.
Cara Tetap Waras 6Biasakan diri untuk bersyukur setiap harinya. Kalau perlu gunakan aplikasi atau note sebagai bagian dari “Gratitude Journal” harian kita. Tanyakan pada diri sendiri, “apa yang saya syukuri hari ini?”. Lakukan setiap hari, sehingga terbentuk kebiasaan fokus pada hal positif dibandingkan yang negatif. Bahkan mendengarkan suara gemericik hujan saja bisa menjadi terapi, jika kita punya mindset penuh syukur.


7. Tidak ada keluarga yang sempurna, tapi itu lebih baik daripada tidak punya.
Cara Tetap Waras 7
Banyak orang yang bereaksi terhadap ketidaknyamanan dengan menjauhkan diri dari orang-orang, padahal ini kurang benar. Lebih baik kita membicarakannya terutama dengan keluarga kita. Keluar rumahlah dan bicarakan bersama mereka, atau kunjungi sepupu yang mungkin akan terkejut dengan kedatangan kita, tapi lalu akan menelepon ibu kita dan semua keluarga akhirnya berdatangan untuk memberikan dukungan. Tak lama kemudian ketegangan yang kita rasakan akan berkurang, dan kita akan jauh dari menjadi gila. 

0 Response to "Cara Tetap Waras di Dunia Yang Semakin Gila"